Informasi yang Ada pada Kemasan Produk Pengendalian Hama

Kemasan produk pengendalian hama

Hama pertanian seperti kutu putih, tungau, dan lainnya tentu bisa memberikan dampak merugikan. Kondisi ini masih bisa diatasi dengan berbagai jenis pestisida yang sesuai. Namun jika terdapat kesalahan dalam penggunaannya justru akan menimbulkan keracunan.

Maka dari itu, produk pestisida yang dijual dipasaran dikemas secara khusus supaya aman. Kemasan produk pengendalian hama ini biasanya juga mencantumkan informasi penting. Tujuannya untuk menghindari terjadinya risiko atau kesalahan dalam penggunaan pestisida pada tanaman.

5 Informasi yang Terdapat dalam Kemasan Produk Pengendalian Hama

Terdapat banyak informasi yang perlu dicantumkan dalam sebuah kemasan produk pestisida. Informasi ini meliputi nama produk, isi kemasan, tanggal kadaluarsa sampai peringatan berbahaya.

1. Nama Produk dan Bahan Aktif

Informasi yang dicantumkan pertama kali pada sebuah kemasan produk pestisida adalah nama produk. Namanya tentu sangat bervariasi sesuai dengan standar kimia seperti aditrim, adoca dan lainnya. Setiap produk mengandung bahan aktif berbeda seperti dimetomorf, indosakarb, piribaden dan lainnya.

2. Isi Kemasan

Informasi dalam kemasan produk pengendalian hama selanjutnya adalah berat bersih. Berat bersih pada kemasan pestisida akan ditunjukkan dalam ukuran volume seperti kg, liter, dan lainnya. Bagian isi pestisida tentu tergantung dari bentuk dan ukuran kemasan itu sendiri.

3. Nomor Produksi dan Tanggal Kadaluarsa

Sebuah kemasan pestisida biasanya akan mencantumkan nomor, bulan, dan tahun produksi atau batch number. Pada bagian sampingnya dilengkapi dengan tanggal kadaluarsa dari pestisida terkait. Jika sudah memasuki tanggal kadaluarsa berarti produk sudah tak layak digunakan.

4. Petunjuk Penggunaan

Produsen selalu mencantumkan petunjuk penggunaan agar terhindar dari kemungkinan buruk. Petunjuk tersebut meliputi dosis, target sasaran, dan waktu penggunaan yang tepat. Selain itu, biasanya akan dijelaskan peralatan apa saja yang dibutuhkan dan tahapan caranya.

5. Peringatan Berbahaya

Selanjutnya adalah peringatan berbahaya yang dicantumkan pada bagian belakang kemasan. Umumnya menggunakan kalimat khusus seperti “Produk mudah meledak”. Simpan ditempat yang sejuk dan aman”. Jika produk tak sengaja terkena kulit, maka segera bilas sampai bersih.

Informasi pada kemasan produk pengendalian hama dibutuhkan agar terhindar dari kesalahan penggunaan. Jika ingin menciptakan kemasan pestisida yang informatif maka percayakan kepada Magenta Indopack. Tampilannya juga bisa dibuat semenarik mungkin untuk memikat pelanggan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *